Kementerian PU Minta Tambahan Anggaran Rp 20 Triliun

Jakarta-Kementerian Pekerjaan Umum meminta tambahan anggaran sebesar Rp 20,3 triliun dalam pagu RAPBN 2013. Kementerian PU dalam RAPBN 2013 mendapat alokasi dana sebesar Rp 69,1 triliun, dengan usulan penambahan tadi maka menjadi Rp 89,4 triliun. "Alokasi anggaran ini untuk pembangunan infrastruktur dalam rangka memperkuat perekonomian domestik," kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto pada Selasa, 18 September 2012 di Jakarta.

Menurut catatan Kementerian PU, tambahan anggaran tersebut akan dialokasikan pada tujuh sektor. Yakni Bina Marga, Cipta Karya, Sumber Daya Air, Penataan Ruang, Pembinaan Konstruksi, penelitian pengembangan, dan internal.

Menurut Menteri Djoko, Direktorat Jenderal Bina Marga meminta tambahan dana sebesar Rp 7,94 triliun. Penambahan dana ini akan digunakan untuk pembangunan jalan sepanjang 840 kilometer yang ada di daerah perbatasan atau terpencil. »Selain itu, dana tersebut dialokasikan untuk membangun 718 meter flyover," Menteri Djoko mengatakan.

Untuk pengelolaan sumber daya air, Kementerian PU meminta anggaran tambahan sebesar Rp 7,68 triliun. Anggaran tersebut untuk pembangunan 11.560 hektar irigasi serta rehabilitasi 49.000 hektar irigasi. Selain itu juga untuk pembangunan 20 waduk baru dan 230 danau buatan. »Anggaran juga akan dialokasikan untuk pengendalian banjir di kota besar seperti Padang, Medan, Jambi, Makasar, Palembang dan Ambon."

 

Ia mengatakan tambahan anggaran juga akan dialokasikan untuk pembangunan sistem penyediaan air minum ibu kota kecamatan (SPAM IKK). »Mendukung pengembangan kawasan Minapolitan atau daerah pesisir di mana dibutuhkan anggaran Rp 3,58 triliun yang dikelola Cipta Karya," katanya.

Kementerian PU menurut ia, juga mengalokasikan untuk penataan ruang sebesar Rp 790 miliar yang akan diturunkan dalam program penyusunan rencana rinci kawasan strategis Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggar Timur.

Sedangkan di sektor penelitian, termasuk pembinaan konstruksi masing-masing mendapat dana tambahan Rp 16 miliar dan Rp 134,7 miliar. Untuk internal, Kementerian PU juga meminta tambahan anggaran Rp 276 miliar untuk pembangunan sarana-prasarana kampus PU.


sumber : Yahoo news

{ 0 komentar }

Poskan Komentar